Sabtu, 03 Desember 2016

Keutamaan 10 hari pertama Bulah Dzulhijjah


Bulan Dzulhijjah bulan yang memiliki kedudukan yang istimewa setelah bulan Ramadhan, hal ini bukan tanpa dasar, namun bersandar pada hadist. Bahkan banyak ulama mengatakan  sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari yang paling afdhal sepanjang tahun.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”.

Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

Dzulhijjah sebentar lagi menjumpai kita. Semoga kita dapat memaksimalkan amal sholeh pada 10 pertama bulan tersebut.

"Arafah"

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi)

Ini bukan hanya berlaku bagi mereka yg dimuliakan Allah menjadi tamuNya, namun juga bagi muslim yang tidak sedang berhaji. Begitu Maha Adil Allah yang memberikan kita kesempatan beramal sholeh berpuasa dan berdoa.

Dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

keutamaan-keutamaan tersebut  menambahkan semangat dalam diri kita untuk bergegas menyambut bulan dzulhijjah ini. Bagaimana kita memanfaatkan sepuluh hari istimewa ini?. Tentunya dengan mempersiapkan amal sholeh yang dapat dilakukan. Pintu-pintu amal sholeh itu banyak sekali, lakukan kebaikan yang dapat kita lakukan, manfaatkan waktu sebaik mungkin. intinya tidak ada waktu yang berlalu kecuali dengan kebaikan dan ketaatan kepada Allah.

Beberapa contoh amal shaleh yang dapat dilakukan di bulan Dzulhijjah seperti:
1. Puasa minimal shaum arafah
2. Tilawah quran 3 juz perhari ( agar bisa khatam di hari ke 10)
3. Kurban bagi yang berkesanggupan (jangan lupa utk menjaga agar tidak  memotong rambut dan kuku sebelum hewan kurban disembelih)
4. Shalat sunah (rawatib, dhuha dan Qiyamul lail)
5. Perbanyak zikir tahlil, tahmid dan takbir
6. Perbanyak Istighfar diwaktu sahur
7. Zikir Matsurat pagi dan sore hari
8. Bersedekah
9. Memberikan bantuan kepada sesama
10. Memberi makanan berbuka untuk mereka yang berpuasa
11. Berdoa (Sebaik-baik doa pada hari Arafah)
12. Berbuat baik kpd orang tua
13. Menjaga shalat tepat waktu
14.Shalat ied dan mendegar khutbah
- Dst (ibadah sunnah lainnya)

Mari menepi sesaat merenung hakekat "arafah". Siapa kita, dari mana kita berasal, untuk apa Allah menciptakan kita, hendak kemana kita menuju, apa yang kita ingin pada akhirnya.
Merenunglah sudah berapa lama perjalanan yang kita tempuh, apa yang sudah kita dapat, bermanfaatkah kita, bahagiakah kita,

Semoga dengan merenung kita benar-benar 'arafa (mengetahui) kemana akhirnya hidup ini membawa kita.

Semoga Allah memudahkan kita utk melakukan amal sholeh dibulan tersebut dan semoga kita menjadi orang yang beruntung mendapat keutamaan di bulan tersebut. Allahumma aamiin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA KABAR JIWA

Apa kabar Jiwa Masihkah kau terwarnai  dengan bekasan teduh Ramadhan Atau engkau tak sadar   pergi sedikit menjauh dari semangat  yang kau p...