Minggu, 04 Desember 2016

Alquran dan Negeri Palestina

Suatu keberuntungan mendapat tausiah dari seorang Syeik Mahmud said, di Mesjid Darul falah subuh tadi.
Syeik muda berumur 25 tahun dari Gaza Palestina yang telah menghafal Quran ketika berusia 14 tahun.

Sayangnya saya tidak membawa alat tulis utk mencatat tausiah beliau. Maka tulisan ini adalah kesimpulan yang dapat saya rangkum.Jazakumullah kepada syeik dan panitia yang telah hadir utk mengingatkan kami.

Alquran dan Negeri Palestina

Qs Al Isra: 9
Sungguh Alquran itu memberi petunjuk ke (jalan) yg paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.

Didalam shalat, kita selalu memohon berulang-ulang kepada Allah dalam surat Alfatihah " ihdinas shiratal mustaqim" tunjukilah kami jalan yang benar.

Petunjuk jalan yg benar ada didalam Alquran. Allah menurunkan Alquran sebagai pedoman hidup

Alquran kalam Allah yg diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah saw melalui perantara malaikat jibril utk dijadikan pedoman hidup bagi seluruh manusia.

Ketika alquran diturunkan, ilmu sastra sedang digandrungi oleh bangsa arab. Maka kemudian orang jahiliyah pada masa itu ditantang itu membuat satu ayat yg sebanding dg alquran namun mereka tdk mampu.

Dalam sebuah hadist : Rasulullah saw bersabda: sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari alquran dan mengajarkannya.

Luar biasa penghargaan yang diberikan kpd orang yg berinteraksi dekat dg Alquran, sampai2 mereka disebut sebagai ahlullah ( keluarganya Allah). Maka barang siapa yg ingin bertemu dengan keluarganya Allah didunia temuilah orang yg mempelajari alquran, membaca alquran dan menghafal alquran ( jadi teringat sahabat tercinta Ustz Yiyi Hissiyah dan kak Dewi Hartati, berharap dalam hati semoga bisa mjd keluarga Allah juga)

Dalam surat ArRa'du : 28 yaitu orang yg beriman dan  hati mereka menjadi tentram dengan mebgingat Allah. Ingatlah dg mengingat Allah hati mjd tenang.

Kata zikri di ayat ini juga berarti alquran. Bagi orang-orang yang berinteraksi dg Alquran Allah berikan ketentraman dan ketenangan. Allah angkat kedudukannya dan Allah beri pahala yang berlimpah.

Adapun orang-orang yang berpaling dari Alquran maka kata Allah dalam surat Taha 124 "Dan barang siapa yanh berpaling dari peringatanKu, maka sungguh dia akan menjalani kehidupan yang sempit dan Kami akan mengkumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta"

Tiada yang menginginkan kesempitan dan kebutaan. Dialog tentang ini pun berlanjut ke ayat berikutnya  Taha125
" Dia berkata : " ya Tuhan kami mengpa engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta. Padahal dahulu (ketika didunia) aku dapat melihat"

Lalu Allah jawab pada Taha : 126
"Dia Allah berfirman; "Demikianlah dahulu telah datang ayat-ayat Kami dan kamu mengabaikannya, jadi begitu pula pada hari ini kamu diabaikan"

Maka jangan abaikan Alquran didunia. Jadikanlah alquran sebagai sahabat yg dibaca difahami dihafal dan dilaksanakan.

Dalam surat Al Isra:1 Allah memberkahi Masjidil aqsa dan sekelilingnya.

Masjidil Aqsa tempat Rasulullah saw singgah sebelum isra mi'raj dan disana Rasulullah mengimami shalat para Nabi yang pernah di utus Allah.

Masjidil aqsa kiblat pertama umat islam bukan hanya milik rakyat palestina tapi milik seluruh umat islam.

Dalam sebuah  hadist Rasulullah saw berkata ada tiga tempat yg kita umat islam diperintahkan utk bersusahpayah mencapainya dan shalat didalamnya yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa

Di palestina khususnya digaza penduduknya berjumlah 2 juta orang dg luas daerah kira2 400 kilo meter persegi. Penghafal quran berjulah 100 ribu orang. Setiap tahunnya gaza bisa melahir 10 ribu penghafal quran. Amazing

Kekuatan mereka berinteraksi dg alquran membuat mereka bisa bertahan dan tdk terkalahkan.

Terakhir ditutup dengan sebuah hadist.
Imam Abu Daud dalam sunannya meriwayatkan dari Maimunah budak Rasulullah saw berkata: wahai Rasulullah saw, berikan fatwa kepada kami tentang baitul maqdis? Beliau bersabda: pergilah kesana dan shalatlah di dalamnya, dan pada saat itu negeri tersebut dalam kondisi perang, namun jika kalian tidak dapat pergi kesana dan shalat di dalamnya, maka kirimkanlah minyak untuknya sehingga dapat membuat terang lampu-lampunya.

Bagi kita umat islam dimanapun kita berada hendaknya kita senantiasa memberikan bantuan baik do'a maupun materi utk saudara2 kita yg berjuang utk mempertahan Masjidil Aqsa dari cengkraman yahudi. Utk hadir berjuang ke sana mungkin kita belum mampu. Dan ini akan menjadi bukti kita pada Allah nanti ketika di yaumul qiyamah bahwa kita telah membela Alqsa dan saudara2 kita di Palestina.

Masjid Darul Falah

14 Nov 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA KABAR JIWA

Apa kabar Jiwa Masihkah kau terwarnai  dengan bekasan teduh Ramadhan Atau engkau tak sadar   pergi sedikit menjauh dari semangat  yang kau p...