Senin, 13 Agustus 2018

MENJAGA SEMANGAT

Sabda Rasulullah s.a.w:

“إن لكل عمل شِرَّة، ولكل شِرَّة فترة، فمن كانت فترته إلى سنتي، فقد اهتدى، ومن كانت فترته إلى غير ذلك فقد هلك”

رواه أحمد وابن خزيمة وابن حبان في صحيحيهما

“Sesungguhnya bagi setiap amal itu ada (masa) semangat dan bersungguh-sungguh, dan bagi setiap kesungguhan itu ada (masa) fatrah (kefuturan/lemah semangat). Barangsiapa pada waktu semangatnya lemah, lalu berpegang pada sunnahku, maka dia telah mendapat petunjuk dan barangsiapa yang berpegang pada selainnya (sunnahku) maka dia telah binasa” (HR Ahmad dan Ibn Hibban dalam kitab sohih mereka)

Karena iman itu yazid wa yankus, naik dan turun. Berbanding lurus dengan semangat. Ketika masa semangat semua amal sholeh terasa ringan. Tilawah satu juz berasa kurang, infak sedikit berasa malu, shalat sunat rawatib tak pernah tinggal, ringan tangan dalam menolong, lapang dada ketika ada masalah. Namun ketika lemah semangat melanda. Tilawah satu juz kok berasa ngak nyampe-nyampe ( berasa lama, pakek lihat dah halaman berapa), shalat sunat rawatib berasa berat, infak sedikit berasa banyak, lihat ada orang yg perlu bantuan lewat aja melengos, yg paling parah dada berasa berat ketika ada masaalah kecil.

Intinya semangat itu perlu dijaga, ketikapun ia melemah usahakan tdk meninggalkan sama sekali amal sholeh yg sdh menjadi kebiasaan  jangan biarkan kemalasan berlama-lama menguasai kita. Dan perlu mujahadah utk melawan kemalasan...

Tips menjaga semangat:
1. Rutinkan kebiasaan baik (amal sholeh)
2. Walau sedikit, namun rutin itu lebih baik dari pada banyak namun dikerjakan cuma sekali waktu
3. Berteman dengan orang sholeh yg dapat mengingatkan ketika kita lemah
4. Meminta nasehat ketika sedang lemah semangat.
5. Jangan mau kalah sama nenek/kakek yg punya semangat 45 dalam beramal sholeh. Bagi nenek/kakek jangan mau kalah sama anak muda juga dalam hal beramal sholeh.
6. Menghadiri majelis ilmu, yg bisa nambah semangat pas iman lagi menurun.
7. Berdoa, minta kepada Allah agar senantiasa berada dalam kebaikan (hidayah).
8. Dll

“Jika kamu mendapat ilmu, maka munculkan keinginan ibadah padanya. Jangan sampai hanya untuk menyampaikan kepada manusia.”
(Abu Qilabah)

#perbaikidiriajakoranglain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA KABAR JIWA

Apa kabar Jiwa Masihkah kau terwarnai  dengan bekasan teduh Ramadhan Atau engkau tak sadar   pergi sedikit menjauh dari semangat  yang kau p...