Selasa, 03 Januari 2023

Tadabbur Almuzammil ayat 7


وَٱذْكُرِ ٱسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا

Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadatlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan. (QS Al Muzammil:7)

Ayat ini turun sebagai perintah Allah dalam mewajibkan qiyamul lail selama setahun penuh pada Rasulullah saw dan para sahabat. Tabattal  artinya putus, memutuskan segala hubungan untuk fokus pada Allah. 

ketika seorang hamba fokus kepada Allah dengan rajin shalat, rajin tiwalah, rajin bersedekah, intinya rajin dalam beribadah kepada Allah, maka ini tidak hanya berpengaruh pada dirinya namun juga pada orang-orang yang ada disekitarnya.

Pada ilmu parenting, orang tua yang memulai kebaikan maka auranya dapat dilihat/dirasakan oleh anaknya, orang-orang disekililingnya.  tanpa diperintahkan  anak-anak akan menirunya.

Kebaikan yang dilakukan oleh seseorang  yang orientasinya hanya pada Allah (baca ibadah), akan berdampak/berefek pada orang-orang disekelilingnya, komunitas, masyarakat sosial .

Hal ini telah dibuktikan oleh Rasulullah saw dan para sahabat dalam menjalankan dakwah, betapa berat ujian yang dihadapi namun mereka semua dapat mengatasi semua ujian karena melaksanakan apa yang diperintahkan Allah Swt. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA KABAR JIWA

Apa kabar Jiwa Masihkah kau terwarnai  dengan bekasan teduh Ramadhan Atau engkau tak sadar   pergi sedikit menjauh dari semangat  yang kau p...