Kamis, 07 Desember 2017

Antara Aktivis Dan Lipstik

Ketika bertemu dengan aktivis dakwah saya melihat fenomena yang mungkin bagi sebagian orang memandangnya biasa saja namun bagi saya ada sesuatu yang menganggu didalam dada. 
Ya fenomena aktivis dakwah yang berlipstik.
Walau dalam hati saya mencari alasan lain berhusnu dzan, jangan-jangan dia lagi sakit bibir atau mungkin cuma pakai lip glose atau .... atau......

Mengapa dengan aktivis dakwah?
Aktivis dakwah adalah orang yang bergerak mengajak pada kebaikan. Bagaimana seseorang megajak orang lain dalam kebaikan sementara melupakan dirinya sendiri.

Emang apanya yang salah dengan lipstik, eyeshadow or blush on.  Are you still a woman?. of course. I`m realy a woman, karena yang namanya perempuan biasanya ingin tampil cantik dan menarik dihadapan  orang lain. Senang kalau di puji, kamu kelihatan cantik deh hari ini, bajunya serasi banget (serasa melayang deh). Kalau boleh tahu kamu pakai bedak apa ya, kulit mukanya mulus tak berjerawat (padahal jenis kulit kita kan beda-beda).

Tampil cantik dan menarik sebenarnya boleh-boleh aja bahkan bisa jadi pahala kalau dihadapan  suami, orang tua,  serta saudara. Permasalahannya umumnya ketika di rumah para perempuan berpenampilan biasa saja namun ketika keluar rumah pakaian dan dandanannya  jadi gimana gituu.. 

Mungkin diantara kita ada yang pernah mengenal kata Tabaruj.
Menurut bahasa Tabaruj adalah wanita yang memamerkan keindahan dan perhiasannya kepada laki-laki. Menurut syariah Tabaruj adalah setiap perhiasan atau kecantikan yang ditujukan wanita kepada mata-mata orang yang bukan muhrimnya. 

Gimana untuk para aktivis yang keluar rumah dengan lipstik di bibir. Apakah karena ingin kelihatan menarik didepan banyak orang, yang bukan muhrimnya.
Jika kita lihat pengertian tabaruj secara umum Maka tabaruj itu tidak hanya menunjukkan  kecantikan pada wajah namun kecantikan yang ada pada wanita. Seperti berpakaian dengan niat ingin kelihatan cantik didepan khalayak umum maka ini juga termasuk katagori tabaruj.

"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan RasulNya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya." ( Al-Ahzab: 33)

Allah melarang wanita untuk tabaruj. Islam juga mengatur bagaimana batasan yang harus dijaga bila ada keperluan yang mengharuskan wanita keluar rumah. Hendaklah ia tidak mempertotonkan kecantikannya kepada orang yang bukan muhrimnya, tidak berikhtilat, dan juga menjaga pandangannya.

Teruntuk para akhwat aktivis dakwah dan para muslimah semua. Mari luruskan niat kita dalam semua aktivitas tak terkecuali dalam berpenampilan. Tujuan kita adalah mencapai keridhaan Allah. Kita bisa mengambil hikmah dari perkataan Buya Hamka: "kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya". Maka wajarlah semakin tinggi ilmu seseorang semakin sederhana penampilannya...







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA KABAR JIWA

Apa kabar Jiwa Masihkah kau terwarnai  dengan bekasan teduh Ramadhan Atau engkau tak sadar   pergi sedikit menjauh dari semangat  yang kau p...